Manajemen Sistem Informasi manajemen,
sistem adalah suatu kumpulan elemen yang berkumpul untuk mencapai suatu tujuan,
informasi adalah data atau fakta yang sudah diolah menjadi suatu informasi yang
berguna, manajemen adalah pengorganisasi, pengawasan dalam suatu organisasi
jadi dapat disimpulkan bahwa manajemen SIM adalah suatu
elemen(sistem) yang mengolah serta mengorganisasikan
data atau fakta dan informasi yang berguna untuk mendukung kegiatan serta tugas
dalam suatu organisasi.
Upaya
perbaikan proses disebabkan karena berbagai alasan, secara tradisional, tujuan utama
perbaikan proses adalah
untuk meningkatkan efisiensi.
Peningkatan efisiensi atau produktivitas, memungkinkan
suatu perusahaan untuk
menghasilkan produk yang sama
dengan upaya pengurangan. Sehingga biaya produksi
berkurang dan pendapatan keuntungan bertambah tanpa mendapat keluhan karena
kualitas barang yang jelek. Persaingan di antara
perusahaan-perusahaan pada saat ini
telah menjadi sangat berorientasi
terhadap IT, sehingga
menyebabkan perusahaan harus memiliki berbagai standar
kualitas untuk meningkatan
proses bisnis. Manajemen layanan
TI merupakan sumber panduan praktis untuk dijadikan sebagai standar
kualitas agar terciptanya perbaikan proses pada perusahaan
Adapun
pengertian manajemen layanan TI menurut Gerard Blokdijk
adalah satu set
kemampuan khusus suatu perusahaan untuk memberikan sesuatu yang bernilai
kepada pelanggan dalam bentuk layanan. Manajemen layanan TI adalah suatu
layanan dari perusahaan untuk pelanggan dalam bentuk layanan atau kemampuan IT
guna memenuhi kebutuhan pelanggan(wademayer, 2008).
Ada empat perspektif
atau atribut yang
perlu diperhitungkan di
dalam
menjelaskan konsep dari ITSM :
1. Partners
/ Suppliers perspective
Berhubungan terhadap
mitra-mitra perusahaan
(suppliers / partners)
didalam memberikan konstribusi
pada service delivery.
2. People
perspective
Berhubungan
terhadap pelanggan, staff IT dan stakeholder yang terlibat.
3. Products
/ Technology perspective
Berhubungan terhadap
IT meliputi, services, hardware, software, anggaran, tools.
4. Process
perspective
Berkaitan dengan end-to-end pelayanan
berdasarkan service pada
alur Proses
Jadi
hubungan antara Manajemen SIM dan manajemen layanan TI adalah mengorganisasi dan mendapatkan suatu
informasi yang berguna bagi suatu perusahaan TI untuk memberikan pelayanan
kepada pelanggan secara efektif dan efisien.
Sumber :
#http://dokumen.tips/documents/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
0 komentar:
Posting Komentar