MAKALAH
FUZZY LOGIC
DiajukanSebagaiTugas Mata Kuliah
PengantarTeknologiSistemCerdas
Dosen :
Ibu Eel Susilowati
DisusunOleh :
HilmiAulia
141149999
I GustiAgung
1C114801
Irvan Idris
15114475
Joshua Azarya
15114703
M Dicky Taruna 17114159
M Faiz Hamman 17114203
M
JundaNaufal
17114385
M SyakhDaoe
17114559
Kelompok 4
KELAS 3KA13
JURUSAN SISTEM INFORMASI
FAKULTAS ILMU KOMPUTER DAN TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2016
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis
panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena atas rahmat dan nikmat yang
telah dilimpahkan kepada penulis, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah
yang berjudul ”Fuzzy Logic Dan Penerapannya”.
Terselesainya makalah
ini tidak lepas dari dukungan beberapa pihak yang telah memberikan kepada
penulis berupa motivasi, baik materi maupun moril. Oleh karena itu, penulis
bermaksud mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang tak dapat
saya sebutkan satu persatu, semua yang telah membantu terselesaikannya makalah
ini. Penulis menyadari bahwa penyusunan makalah ini belum mencapai
kesempurnaan, sehingga kritik dan saran yang bersifat membangun sangat penulis
harapkan dari berbagai pihak demi kesempurnaan makalah ini. Akhirnya penulis
berharap semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua.
Depok, 29
Desember 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Logika Fuzzy merupakansuatulogika
yang memilikinilaikekaburanataukesamaran (fuzzyness) antarabenaratausalah.
Dalamlogikaklasikdinyatakanbahwasegalahaldapatdiekspresikandalamistilah binary
(0 atau 1, hitamatauputih, yaatautidak), sedangkanlogika fuzzy
memungkinkannilaikeanggotaanantara 0 dan 1, tingkatkeabuandanjugahitamdanputih,
dandalambentuklinguistik, konseptidakpastiseperti "sedikit",
"lumayan" dan "sangat". Logikainiberhubungandenganhimpunan
fuzzy danteorikemungkinan. Logika fuzzy inidiperkenalkanoleh Dr.
LotfiZadehdariUniversitas California, Berkeley pada 1965. Logikafuzzy
dapatdigunakandalambidangteorikontrol, teorikeputusan,
danbeberapabagiandalammanagemensains. Selainitu, kelebihandarilogika fuzzy
adalahkemampuandalam proses penalaransecarabahasa (linguistic reasoning),
sehinggadalamperancangannyatidakmemerlukanpersamaanmatematikdariobjek yang
dikendalikan. Adapunsalahsatucontohaplikasilogika fuzzy
dalamkehidupansehari-hariadalahPadatahun 1990 pertama kali
dibuatmesincucidenganlogika fuzzy di Jepang (Matsushita Electric Industrial
Company). Sistem fuzzy digunakanuntukmenentukanputaran yang tepatsecaraotomatisberdasarkanjenisdanbanyaknyakotoransertajumlah
yang akandicuci. Input yang digunakanadalah: seberapakotor, jeniskotoran,
danbanyaknya yang dicuci. Mesininimenggunakan sensor optik
,mengeluarkancahayake air danmengukurbagaimanacahayatersebutsampaikeujunglainnya.
Makin kotor, makasinar yang sampaimakinredup. Disampingitu,
sistemjugadapatmenentukanjeniskotoran (dakiatauminyak).
1.2 Rumusan Masalah
1. Apa Pengertian Dari
Fuzzy Logic?
2. Bagaimana Sejarah
Fuzzy Logic?
3. Apa Perbedaan Fuzzy
Logic dengan Crisp Logic?
4. Apakah Himpunan Fuzzy
Logic?
5. Apa Fuzzyfikasi dan
Defuzzyfikasi itu?
6. Apa Kelebihan Dan
Kekurangan Menggunakan Fuzzy Logic?
1.3 Pembatasan Masalah
Adapun pembatasan masalah dalam
penulisan tugas ini adalah hanya pada variabel, keterbatasan dan kekonvekan
pada himpunan fuzzy dimensi satu.
1.4 Tujuan Penulisan
a. Memahami Tentang
Fuzzy Logic dan penerapannya
b. Memahami Derajat
Kebenaran dan Variabel linguistik Fuzzy logic
c. Memahami atribut
Fuzzy logic dan Himpunan fuzzy
d. Memahami pengertian
Fuzzyfikasi dan Defuzzyfikasi
BAB II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian Fuzzy Logic dan Sejarahnya
Sebelumnya
munculnya Teori logika fuzzy (fuzzy logic) dikenal sebuah logika tegas (crisp
Logic) yang memiliki nilai benar atau salah secara tegas. Saat logika klasik
menyatakan bahwa segala hal dapat diekspresikan dalam istilah biner (0 atau 1,
hitam atau putih, ya atau tidak), Logika Fuzzy memungkinkan nilai keanggotaan
antara 0 dan 1, tingkat keabuan dan juga hitam dan putih, dan dalam bentuk
linguistik, konsep tidak pasti seperti "sedikit",
"lumayan", dan "sangat". Logika ini berhubungan dengan set
fuzzy dan teori kemungkinan. Logika fuzzy diperkenalkan oleh Dr. Lotfi Zadeh
dari Universitas California, Berkeley pada 1965 atas usulan dalam papernya yang
monumental “Fuzzy Set”. Dalam paper tersebut dipaparkan ide dasar fuzzy
set yang meliputi inclusion, union, intersection, complement, relation dan convexity.
Lotfi Zadeh mengatakan Integrasi Logika Fuzzy kedalam sistem informasi dan
rekayasa proses adalah menghasilkan aplikasi seperti sistem kontrol, alat alat
rumah tangga, dan sistem pengambil keputusan yang lebih fleksibel, mantap, dan
canggih dibandingkan dengan sistem konvensional. Dalam hal ini kami dapat
mengatakan bahwa logika fuzzy memimpin dalam pengembangan kecerdasan mesin yang
lebih tinggi ( machine Intelligency Quotient / MIQ ) Produk produk berikut
telah menggunakan logika fuzzy dalam alat alat rumah tangga seperti mesin cuci,
video dan kamera refleksi lensa tunggal, pendingin ruangan, oven microwave, dan
banyak sistem diagnosa mandiri.. Logika fuzzy telah diterapkan pada berbagai
bidang, dari teori kontrol untuk kecerdasan buatan. Logika fuzzy telah diteliti
sejak tahun 1920-an, sebagai nilai yang tak terbatas terutama logika oleh
Lukasiewicz dan Tarski.
Jepang
adalah negara pertama yang memanfaatkan logika fuzzy untuk aplikasi praktis.
Aplikasi penting pertama adalah di kereta kecepatan tinggi di Sendai, di mana
logika fuzzy mampu meningkatkan ekonomi, kenyamanan, dan ketepatan perjalanan.
Hal ini juga telah digunakan dalam pengakuan simbol tertulis di komputer mini
sony; bantuan pesawat helikopter; mengendalikan sistem kereta bawah tanah dalam
rangka meningkatkan kenyamanan berkendara, ketepatan menghentikan, dan ekonomi
kekuasaan; konsumsi hemat energi untuk ponsel otomatis; kontrol tunggal tombol
untuk mesin cuci; kontrol motor otomatis untuk pembersih vakum dengan pengakuan
kondisi permukaan dan tingkat kekotoran; dan sistem prediksi untuk pengakuan
awal dari gempa bumi melalui Institut Seismologi Biro Metrologi, Jepang
2.2 Derajat kebenaran Dan Variabel
Linguistik
Logika fuzzy dan logika probabilitas
secara matematis sama - keduanya mempunyai nilai kebenaran yang berkisar antara
0 dan 1 - namun secara konsep berbeda. Logika fuzzy berbicara mengenai
"derajat kebenaran", sedangkan logika probabilitas mengenai
"probabilitas, kecenderungan". Karena kedua hal itu berbeda, logika
fuzzy dan logika probabilitas mempunyai contoh penerapan dalam dunia nyata yang
berbeda. Logika klasik hanya mengizinkan proposisi memiliki nilai kebenaran
atau kesalahan. Gagasan 1 + 1 = 2 adalah kebenaran mutlak, kekal dan
matematika. Namun, terdapat proposisi tertentu dengan jawaban variabel, seperti
meminta sebagian orang untuk mengidentifikasi warna. Gagasan kebenaran tidak
jatuh di tengah jalan, tapi lebih pada sarana yang mewakili dan penalaran lebih
pengetahuan parsial ketika diberikan, dengan menggabungkan semua hasil yang
mungkin menjadi spektrum dimensi.
dua derajat kebenaran dan probabilitas
berkisar antara 0 dan 1 dan karenanya mungkin tampak serupa pada awalnya.
Sebagai contoh, satu segelas 100 ml mengandung 30 ml air. Kemudian dapat
mempertimbangkan dua konsep: kosong dan penuh. Arti dari masing-masing dapat
direpresentasikan oleh himpunan fuzzy tertentu. Maka salah satu mungkin
mendefinisikan kaca sebagai 0,7 kosong dan 0,3 penuh. Perhatikan bahwa konsep
kekosongan akan subjektif dengan demikian akan tergantung pada pengamat atau
desainer. Desainer lain mungkin, sama baiknya, merancang fungsi keanggotaan set
di mana kaca akan dianggap penuh untuk semua nilai 50 ml. Sangat penting untuk
menyadari bahwa logika fuzzy menggunakan derajat kebenaran sebagai model
matematika dari fenomena ketidakjelasan sementara probabilitas adalah model
matematika dari ketidaktahuan.
Sebuah dasar aplikasi mungkin memiliki
berbagai ciri sub-rentang variabel kontinu. Misalnya, pengukuran suhu untuk rem
anti-lock mungkin memiliki beberapa fungsi keanggotaan terpisah, rentang suhu
tertentu yang diperlukan untuk mengendalikan rem benar. Setiap fungsi nilai
suhu yang sama untuk nilai kebenaran dalam jangkauan 0-1. Nilai kebenaran ini
kemudian dapat digunakan untuk menentukan bagaimana rem harus dikontrol.
Dalam gambar ini, arti dari ekspresi
dingin, hangat, dan panas yang diwakili oleh fungsi pemetaan skala suhu. Sebuah
titik pada skala yang memiliki tiga "nilai kebenaran" - satu untuk
masing-masing dari tiga fungsi. Garis vertikal pada gambar mewakili suhu
tertentu bahwa tiga anak panah (nilai kebenaran) gauge. Karena panah merah poin
ke nol, suhu ini dapat ditafsirkan sebagai "tidak panas". Panah
orange (menunjukkan 0.2) dapat menggambarkannya sebagai "sedikit
hangat" dan panah biru (menunjukkan 0,8) "cukup dingin". Dalam
logika matematika, ada beberapa sistem formal "fuzzy logic";
kebanyakan disebut t-norma logika fuzzy.
Variabel dalam matematika biasanya
mengambil nilai-nilai numerik, dalam aplikasi logika fuzzy, non-numerik sering
digunakan untuk memfasilitasi aturan dan fakta.
Sebuah variabel linguistik seperti usia mungkin memiliki nilai seperti muda atau tua. Namun, kegunaan besar variabel linguistik bahwa dapat dimodifikasi dengan membatasi linguistik yang diterapkan untuk hal utama. pembatas nilai linguistik dapat dikaitkan dengan fungsi-fungsi tertentu. Untuk memperluas Fuzzy logic dengan menambahkan kuantitas universal dan eksistensial dengan cara serupa yaitu logika predikat dibuat dari logika proposisional.
Sebuah variabel linguistik seperti usia mungkin memiliki nilai seperti muda atau tua. Namun, kegunaan besar variabel linguistik bahwa dapat dimodifikasi dengan membatasi linguistik yang diterapkan untuk hal utama. pembatas nilai linguistik dapat dikaitkan dengan fungsi-fungsi tertentu. Untuk memperluas Fuzzy logic dengan menambahkan kuantitas universal dan eksistensial dengan cara serupa yaitu logika predikat dibuat dari logika proposisional.
Contoh:
1. Manajer pergudangan
mengatakan pada manajer produksi seberapa banyak persediaan barang pada akhir
minggu ini, kemudian manajer produksi akan menetapkan jumlah barang yang harus
diproduksi esok hari.
2. Pelayan restoran
memberikan pelayanan terhadap tamu, kemudian tamu akan memberikan tip yang
sesuai atas baik tidaknya pelayanan yang diberikan.
3. Penumpang taksi
berkata pada sopir seberapa cepat laju kendaraan yang diinginkan, sopir taksi
akan mengatur pijakan gas taksinya.
4. Anda mengatakan pada
saya seberapa sejuk ruangan yang anda inginkan,saya akan mengatur putaran kipas
yang ada pada ruangan ini.
2.3 Alasan Digunakannya Fuzzy Logic
Ada beberapa alasan mengapa orang
menggunakan logika fuzzy, antara lain:
1. Konsep logika fuzzy
mudah dimengerti. Konsep matematis yang mendasari penalaran fuzzy sangat
sederhana dan mudah dimengerti.
2. Logika fuzzy sangat
fleksibel.
3. Logika fuzzy memiliki
toleransi terhadap data-data yang tidak tepat.
4. Logika fuzzy mampu
memodelkan fungsi-fungsi nonlinear yang sangat kompleks.
5. Logika fuzzy dapat
membangun dan mengaplikasikan pengalaman para pakar secara langsung tanpa harus
melalui proses pelatihan.
6. Logika fuzzy dapat
bekerjasama dengan teknik-teknik kendali secara konvensional.
7. Logika fuzzy didasarkan
pada bahasa alami.
2.4 Aplikasi fuzzy Logic
Beberapa aplikasi Fuzzy Logic, antara
lain:
1. Pada tahun 1990
pertama kali dibuat mesin cuci dengan logika fuzzy di Jepang (Matsushita
Electric Industrial Company). Sistem fuzzy digunakan untuk menentukan putaran
yang tepat secara otomatis berdasarkan jenis dan banyaknya kotoran serta jumlah
yang akan dicuci. Input yang digunakan adalah: seberapa kotor, jenis kotoran,
dan banyaknya yang dicuci. Mesin ini menggunakan sensor optik , mengeluarkan
cahaya ke air dan mengukur bagaimana cahaya tersebut sampai ke ujung lainnya.
Makin kotor, maka sinar yang sampai makin redup. Disamping itu, sistem juga
dapat menentukan jenis kotoran (daki atau minyak).
2. Transmisi otomatis
pada mobil. Mobil Nissan telah menggunakan sistem fuzzy pada transmisi
otomatis, dan mampu menghemat bensin 12 – 17%.
3. Kereta bawah tanah
Sendai mengontrol pemberhentian otomatis pada area tertentu.
4. Ilmu kedokteran dan
biologi, seperti sistem diagnosis yang didasarkan pada logika fuzzy, penelitian
kanker, manipulasi peralatan prostetik yang didasarkan pada logika fuzzy, dll.
5. Manajemen dan
pengambilan keputusan, seperti manajemen basis data yang didasarkan pada logika
fuzzy, tata letak pabrik yang didasarkan pada logika fuzzy, sistem pembuat
keputusan di militer yang didasarkan pada logika fuzzy, pembuatan games yang
didasarkan pada logika fuzzy, dll.
6. Ekonomi, seperti
pemodelan fuzzy pada sistem pemasaran yang kompleks,dll.
7. Klasifikasi dan
pencocokan pola.
8. Psikologi, seperti
logika fuzzy untuk menganalisis kelakuan masyarakat, pencegahan dan investigasi
kriminal, dll.
9. Ilmu-ilmu sosial,
terutam untuk pemodelan informasi yang tidak pasti.
10. Ilmu lingkungan, seperti kendali
kualitas air, prediksi cuaca, dll.
11. Teknik, seperti perancangan jaringan
komputer, prediksi adanya gempa bumi, dll.
12. Riset operasi, seperti penjadwalan dan
pemodelan, pengalokasian, dll.
13. Peningkatan kepercayaan, seperti
kegagalan diagnosis, inspeksi dan monitoring produksi.
14. sebagai alat bantu pengambil keputusan
seperti proses pembuatan program fuzzy logic dalam bahasa pemrograman Java yang
diaplikasikan untuk menentukan Jumlah Produk yang dihasilkan berdasarkan
kondisi Suhu, Kebisingan dan Pencahayaan.
2.5 Perbedaan Fuzzy Logic (logika
Fuzzy) dengan Crisp Logic (Logika Tegas)
logika tegas memiliki nilai tidak = 0.0
dan ya = 1.0, sedangkan logika fuzzy memiliki nilai antara 0.0 hingga 1.0.
Secara grafik perbedaan antara logika tegas dan logika fuzzy ditunjukkan oleh
gambar di bawah ini :
Gambar 1: Logika Tegas (Crisp Logic)
Gambar 2: Logika Fuzzy (Fuzzy Logic)
Didalam Gambar 1 Crisp Logic, apabila X
lebih dari atau sama dengan 10 baru dikatakan benar yaitu bernilai Y=1 ,
sebaliknya nilai X yang kurang dari 10 adalah salah yaitu Y=0, maka angka 9
atau 8 atau 7 dan seterusnya dalah dikatakan salah.
Didalam Gambar 2 Fuzzy Logic, apabila
nilai X=9, atau 8 atau 7 atau antara nilai 0 dan 10 adalah dikatakan ada
benarnya dan ada juga salahnya.
2.6 Atribut Dan Himpunan Fuzzy Logic
•Linguistik
:yaitunamasuatukelompok yang mewakilisuatukeadaantertentudenganmenggunakanbahasaalami,
misalnya DINGIN, SEJUK, PANAS, dsb.
•Numeris : yaitu suatu nilai yang
menunjukkan ukuran dari suatu variabel, misalnya 10, 35, 40 dsb.
Contoh :
Contoh :
a.
Variabelumur, terbagimenjadi 3 himpunan fuzzy, yaitu: MUDA, PAROBAYA, dan TUA.
b. Variabel temperatur, terbagi menjadi
5 himpunan fuzzy, yaitu: DINGIN, SEJUK, NORMAL, HANGAT, dan PANAS.
Gambar 3. Himpunan Fuzzy Untuk variabel
Umur
Dalam fuzzy logic variabel yang
bersifat kabur tersebut direpresentasikan sebagai sebuah himpunan yang
anggotanya adalah suatu nilai crisp dan derajat keanggotaannya (membership
function) dalam himpunan tersebut
Proses-proses dalam fuzzy logic adalah
fuzzifikasi, penalaran (reasoning), dan defuzzifikasi:
Fuzzifikasi: merupakan proses untuk mendapatkan
derajat keanggotaan dari sebuah nilai numerik masukan (crisp)
Penalaran: proses untuk mendapatkan
aksi keluaran dari suatu kondisi input dengan mengikuti aturan-aturan (IF-THEN
Rules) yang telah ditetapkan yang disebut sebagai inference/reasoning.
Defuzzifikasi: proses untuk merubah
hasil penalaran yang berupa derajat keanggotaan keluaran menjadi variabel
numerik kembali.
Blok diagram proses fuzzy logic
ditunjukkan pada Gambar 4.
Gambar 4: Blok diagram proses dalam
fuzzy logic
Himpunan
fuzzy adalahpengelompokansesuatuberdasarkanvariabelbahasa (linguistik
variable), yang dinyatakandenganfungsikeanggotaan, dalamsemesta U.
Keanggotaansuatunilaipadahimpunandinyatakandenganderajatkeanggotaan yang
nilainyaantara 0.0 sampai 1.0. Himpunan fuzzy didasarkanpadagagasanuntukmemperluasjangkauanfungsikarakteristiksedemikianhinggafungsitersebutakanmencakupbilangan
real pada interval [0,1]. Nilaikeanggotaannyamenunjukkanbahwasuatu item
tidakhanyabernilaibenaratausalah. Nilai 0 menunjukkansalah, nilai 1 menunjukkanbenar,
danmasihadanilai-nilai yang terletakantarabenardansalah. Padahimpunan fuzzy,
sebuah objek dapat berada pada sebuah himpunan secaraparsial. Derajat
keanggotaan dalam himpunan fuzzy diukur dengan fungsiyang merupakan
generalisasi dari fungsi karakteristik yang disebut fungsikeanggotaan atau
fungsi kompatibilitas. Fungsi keanggotaan dari himpunanfuzzy Û didefinisikan
sebagai Û : x → [0,1].
Contoh: Jika diketahui:
S = [1, 2, 3, 4, 5, 6] adalah semesta pembicaraan
A = [1, 2, 3], B = [3, 4, 5]
Maka dapat dikatakan:
_ Nilai keanggotaan 2 pada himpunan A,
μA[2]=1, karena .
_ Nilai keanggotaan 3 pada himpunan A,
μA[3]=1, karena
_ Nilai keanggotaan 4 pada himpunan A,
μA[4]=0, karena
_ Nilai keanggotaan 2 pada himpunan B,
μB[2]=0, karena
_ Nilai keanggotaan 3 pada himpunan B, μB[3]=1, karena
Hal – hal yang terdapat pada sistem fuzzy :
a. Variabel Fuzzy, merupakan variabel yang
hendak dibahas dalam suatu sistem fuzzy, seperti umur, temperatur, dsb
b. Himpunan Fuzzy, merupakan suatu grup
yang mewakili suatu kondisi atau keadaan tertentu dalam suatu variabel fuzzy.
c. Semesta Pembicaraan, adalah keseluruhan
nilai yang diperbolehkan untuk dioperasikan dalam suatu variabel fuzzy. Contoh:
Q Semesta pembicaraan
untuk variabel umur: [0 +∞)
Q Semesta pembicaraan
untuk variabel temperatur: [0 40]
d. Domain, adalah keseluruhan nilai yang
diijinkan dalam semesta pembicaraan dan boleh dioperasikan dalam suatu himpunan
fuzzy. Contoh domain himpunan fuzzy: MUDA = [0 45], TUA = [45 +∞), DINGIN = [0
20], SEJUK = [15 25], NORMAL = [20 30], HANGAT = [25 35], PANAS = [30 40]
2.7 Database Fuzzy
Setelah relationship fuzzy ditentukan,
untuk mengembangkan database relasional fuzzy. Pertama database relasional
fuzzy, FRDB(fuzzy relational database) dipaparkan dalam tesis Maria
Zemankova ini. Kemudian, beberapa model lain muncul seperti model
Buckles-Petry, Model Prade-Testemale, model umano-Fukami atau model GEFRED oleh
JM Medina, MA Vila dkk. Dalam konteks database fuzzy, beberapa bahasa query fuzzy
sudah ditentukan, dipaparkan SQLf oleh P. Bosc dkk. dan FSQL oleh J.
Galindo dkk. Bahasa-bahasa ini menentukan beberapa struktur dengan tujuan untuk
menyertakan aspek fuzzy dalam laporan SQL, seperti ketentuan fuzzy, pembanding
fuzzy, konstanta fuzzy, kendala fuzzy, ambang batas fuzzy, label linguistik dan
sebagainya.
2.8 Contoh Sistem Fuzzy Logic
Mari kita mempertimbangkan sistem
pendingin udara dengan 5-level sistem logika fuzzy. Sistem ini menyesuaikan
suhu AC dengan membandingkan suhu kamar dan nilai suhu target.
Algoritma:
&Mendefinisikan
variabel linguistik dan istilah.
&Merekonstruksi fungsi
keanggotaan
&Merekonstruksi aturan
dasar basis pengetahuan.
&Mengkonversi Crisp
data menjadi data set fuzzy menggunakan fungsi keanggotaan. (fuzzifikasi)
&Mengevaluasi aturan
dalam aturan basis. (mesin antarmuka)
&Menggabungkan hasil
dari setiap aturan. (mesin antarmuka)
&Mengkonversi data
output ke nilai-nilai non-fuzzy. (defuzzifikasi)
Langkah 1: Mendefinisikan variabel
linguistik dan istilah.
Variabel linguistik yang input dan
output dalam bentuk kata-kata sederhana atau kalimat. Untuk suhu kamar, dingin,
hangat, panas, dll, adalah istilah linguistik.
Suhu (t) =
{sangat dingin, dingin, hangat, sangat-hangat, panas}
Setiap anggota dari himpunan ini adalah
istilah linguistik dan dapat menutupi beberapa bagian dari nilai suhu
keseluruhan.
Langkah 2: Merekonstruksi fungsi
keanggotaan
Fungsi keanggotaan variabel suhu
seperti yang ditunjukkan
Langkah 3: Merekonstruksi aturan dasar
basis pengetahuan.
Membuat matriks nilai-nilai suhu kamar
terhadap nilai-nilai suhu target itu sistem pendingin udara ini diharapkan
dapat memberikan:
Target
|
Sangat Dingin
|
Dingin
|
Hangat
|
Panas
|
Sangat Panas
|
Sangat Dingin
|
Tidak ada perubahan
|
Panas
|
Panas
|
Panas
|
Panas
|
Dingin
|
Dingin
|
Tidak ada perubahan
|
Panas
|
Panas
|
Panas
|
Hangat
|
Dingin
|
Dingin
|
Tidak ada perubahan
|
Panas
|
Panas
|
Panas
|
Dingin
|
Dingin
|
Dingin
|
Tidak ada perubahan
|
Panas
|
Sangat panas
|
Dingin
|
Dingin
|
Dingin
|
Dingin
|
Tidak ada perubahan
|
Membuat satu set aturan dalam basis pengetahuan
dalam bentuk struktur IF-THEN-ELSE
Sr No
|
Kondisi
|
Tindakan
|
1
|
IF temperature=(Cold OR Very_Cold)
AND target=Warm THEN
|
Panas
|
2
|
IF temperature=(Hot OR Very_Hot) AND
target=Warm THEN
|
Dingin
|
3
|
IF (temperature=Warm) AND
(target=Warm) THEN
|
Tidak ada perubahan
|
Langkah 4: Mendapatkan nilai fuzzy
Operasi himpunan fuzzy melakukan
mengevaluasi aturan. Operasi digunakan untuk OR dan AND adalah masing masing
Max dan Min. gabungkan semua hasil evaluasi untuk membentuk hasil akhir. Hasil
ini adalah nilai fuzzy.
Langkah 5: Lakukan defuzzifikasi
Defuzzifikasi dilakukan sesuai dengan
fungsi keanggotaan untuk variabel output.
2.9 Fuzzyfikazi Dan Defuzzyfikasi
a.
Fuzzyfikasiadalahpemetaannilai input yang
merupakannilaitegaskedalamfungsikeanggotaanhimpunan fuzzy, untukkemudiandiolah
di dalammesinpenalaran. fuzzyfikasi : x → μ(x).
b.
Defuzzyfikasimerupakankebalikandarifuzzyfikasi, yaitupemetaandarihimpunan fuzzy
kehimpunantegas.Inputdari proses defuzzyfikasiadalahsuatuhimpunan fuzzy yang
diperolehdarikomposisiaturan-aturan fuzzy. Hasildaridefuzyfikasiinimerupakan
output darisistemkendalilogika fuzzy. Defuzzyfikasidideskripsikansebagai Z* =
defuzzyfier (Z) (16) dengan Z = hasilpenalaran fuzzy Z* = keluarankendalilogika
fuzzy deffuzyfier = fungsidefuzzyfikasi [2] Metodedefuzzyfikasiantara lain: [2]
1. Metode Maximum
Metodeinijugadikenaldenganmetodepuncak,
yang nilaikeluarannyadibatasiolehfungsiμc(z*)>μc 1 (z).
2.
Metodetitiktengah
Metodetitiktengahjugadisebutmetodepusat
area. Metodeinilazimdipakaidalam proses defuzzyfikasi.
Keluarandarimetodeiniadalahtitiktengahdarihasil proses penalaran.
3. Metode
rata-rata
Metodeinidigunakanuntukfungsikeanggotaankeluaran
yang simetris. Keluarandarimetodeiniadalahnilai rata-rata darihasil proses
penalaran.
4. Metodepenjumlahantitiktengah
5.
Metodetitiktengah area terbesar
Dalammetodeini,
keluarannyaadalahtitikpusatdari area terbesar yang ada.
2.10 Pemrograman dengan bahasa Assembly
Setelah kita
menemukan rumus untuk normalisasi dan denormalisasi, maka program assembly
dapat dibuat. Jika kita ingin membuat suatu fuzzy system untuk aplikasi yang
lain, tidak perlu harus sama dengan program yang telah ada, tetapi yang perlu
diketahui sebelum membuat suatu fuzzy sistem adalah bagaimana cara untuk
menormalisasikan input dan mendenormalisasikan output-nya sebelum data dapat
diolah. Hal ini dilakukan agar nilai-nilai tersebut dapat diterima oleh DT-51
PetraFuz.
Routine fuzzify dari
PetraFuz terletak di alamat 0900h, untuk menjalankannya kitaa harus menggunakan
perintah LCALL 0900h. Berikut ini adalah contoh format yang digunakan dalam
menggunakan DT-51 PetraFuz.
Fuzzify EQU 0900H
Current_ins EQU 0BH
Cog_Outs EQU 0DH
Keterangan:
- Fuzzify : Routine PetraFuz
- Current_ins : Crisp Input PetraFuz
- Cog_Outs : Crisp Output PetraFuz
Jika kita mau memakai internal RAM maka
kita harus memakai dengan alamat minimal 063H. Karena 08H – 62H digunakan oleh
routine PetraFuz Engine.
Contoh program perhitungan error:
MOV A, SP ; memasukkan nilai SP
(kecepatan yang diminta)
MOV R0, PV ; memasukkan nilai PV
(kecepatan sekarang)
SUBB A, R0
MOV ERROR, A
Contoh program perhitungan dError:
MOV A, ERROR ; Error(n)
MOV R0, ERROR-1 ; Error(n-1)
SUBB A, R0
MOV DERROR, A
Di dalam aplikasi ini yang
dinormalisasikan adalah hasil dari Error dan dErrror (bukan Error dan dError),
setelah itu baru dimasukkan sebagai input ke DT-51 PetraFuz. Nilai Error yang
sesungguhnya harus disimpan ke dalam suatu register, karena Error yang belum
dinormalisasi akan digunakan dalam perhitungan denormalisasi yaitu untuk nilai
Error(n-1).
Contoh program untuk memasukkan data
Error dan dError ke dalam DT-51 PetraFuz, setelah itu memanggil prosedur
Fuzzify dan melihat hasilnya di register accumulator.
MOV CURRENT_INS,ERROR
MOV CURRENT_INS+1,DERROR
LCALL FUZIFY
MOV A,COG_OUTS
Hasil dari register accumulator di atas
adalah nilai crisp output dan nilai tersebut harus didenormalisasikan. Contoh
di atas bukanlah contoh program secara khusus melainkan contoh program secara
garis besar. Hal ini dikarenakan tidak adanya program untuk normalisasi dan
denormalisasi. Sebelum nilai crisp input dimasukkan ke dalam DT-51 PetraFuz,
nilainya harus dinormalisasikan terlebih dahulu. Nilai crisp output yang telah
diperoleh di register accumulator pada contoh di atas juga belum
didenormalisasikan.
Di dalam pembuatan suatu program
assembly, kalau bisa hindari pembuatan program aritmatika yang cukup kompleks,
misalnya perkalian atau pembagian 16 x 16 bit. Hal ini dilakukan agar proses
fuzzifikasi tidak memakan banyak waktu.
Ini adalah contoh pemrograman aplikasi
pengaturan kecepatan motor DC dengan sistem Fuzzy.
Proses kerjanya adalah sebagai berikut:
1. Pertama kali
dilakukan proses inisialisasi de KITS SPC DC Motor dan komunikasi serial.
2. Terima data serial
dari PC dan tunggu sampai karakter J dikirimkan. Lalu ambil nilai
SP Low Byte.
3. Terima data serial
lagi dari PC dan tunggu sampai karakter K dikirimkan, lalu ambil nilai SP High
Byte.
4. Setelah itu baca
nilai RPM sekarang dan kirimkan ke PC.
5. Hitung nilai Error
dan dError, tetapi jangan lupa untuk menormalisasikan nilai tersebut.
6. Setelah
normalisasi dilakukan maka masukkan kedua nilai yaitu Error dan dError ke dalam
DT-51 PetraFuz.
7. Panggil prosedur
fuzzify, lalu ambil hasilnya.
8. Setelah hasil
didapatkan, maka hasil itu harus didenormalisasi sehingga akan muncul nilai
crisp output yang sebenarnya.
9. Nilai crisp output kita masukkan
sebagai nilai PWM untuk mengatur putaran motor DC tersebut. Ulangi langkah 4 -
9 sampai nilai RPM yang dinginkan tercapai.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Kesimpulan-kesimpulantersebutantara
lain:
1. Logika
fuzzy adalahlogika yang mengandungunsurketidakpastian.
2.
Keanggotaandalamhimpunan fuzzy dinyatakandenganderajatkeanggotaan.
Suatunilaidapatmenjadianggotaduahimpunansekaligusdenganderajat yang berbeda.
3.
Kendalilogika fuzzy dilakukandengan proses fuzzyfikasi,
penalaransesuaidenganaturan, dandefuzzyfikasi.
4.
Sistemkendalilogika fuzzy cukuppraktisdiaplikasikandalamberbagaibidang.
5. Program fuzzy yang telah
diimplementasikan dalam bahasa pemrograman Java dapat digunakan sebagai alat
bantu untuk menentukan jumlah produk yang dihasilkan berdasarkan kondisi Suhu,
Kebisingan dan Pencahayaan tertentu.
3.2 Saran
DapatMenerapkanHimpunan Fuzzy Dan Proses FuzzyfikasidanDefuzzyfikasiDalamberbagaiaplikasi.
DAFTAR PUSTAKA
[1] Rinaldi Munir,
“Matematika Diskrit Dalam Fuzzy Logic”, Penerbit Informatika, 2005
[2] Jannus Maurits
Nainggolan, “Logika Fuzzy (Fuzzy Logic) : Teori dan Penerapan
Pada Sistem Daya (Kajian Pengaruh Induksi Medan Magnet)”
[3] Kusumadewi,Sri.Purnomo,Hari.,”AplikasiLogika Fuzzy
untukPendukungKeputusan”.Yogyakarta: GRAHA ILMU,2004
[4] Kusumadewi, Sri.,
Hartati, S., Harjoko, A., dan Wardoyo, R. “Fuzzy Multi-Attribute Decision
Making (FUZZY MADM).” Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.
Denizli
BalasHapusKonya
Denizli
ısparta
Bayburt
C3XCH
ankara parça eşya taşıma
BalasHapustakipçi satın al
antalya rent a car
antalya rent a car
ankara parça eşya taşıma
MN8Wİ
B0B3F
BalasHapusAntep Evden Eve Nakliyat
Burdur Evden Eve Nakliyat
Urfa Evden Eve Nakliyat
Maraş Evden Eve Nakliyat
Balıkesir Evden Eve Nakliyat
DF564
BalasHapusBartın Parça Eşya Taşıma
Bitlis Evden Eve Nakliyat
Erzincan Şehir İçi Nakliyat
Bitfinex Güvenilir mi
Tekirdağ Şehirler Arası Nakliyat
Sinop Şehirler Arası Nakliyat
Yenimahalle Boya Ustası
İzmir Şehir İçi Nakliyat
Bayburt Parça Eşya Taşıma
168D8
BalasHapus%20 komisyon indirimi
06481
BalasHapusbinance kod
3B9EA
BalasHapuskarabük canli sohbet
adıyaman mobil sohbet et
şırnak canlı görüntülü sohbet uygulamaları
malatya telefonda kadınlarla sohbet
Antep Parasız Sohbet
bilecik sohbet sitesi
Afyon Görüntülü Sohbet Yabancı
Giresun Mobil Sesli Sohbet
Kilis Kadınlarla Ücretsiz Sohbet
206A6
BalasHapusSinop Görüntülü Canlı Sohbet
Karaman Sesli Sohbet Sitesi
elazığ kızlarla rastgele sohbet
gümüşhane kadınlarla sohbet et
Kars Telefonda Canlı Sohbet
Edirne Canli Sohbet
mobil sohbet odaları
manisa sesli sohbet odası
seslı sohbet sıtelerı
76036
BalasHapusBitcoin Nasıl Çıkarılır
Bitcoin Nasıl Alınır
Gate io Borsası Güvenilir mi
Parasız Görüntülü Sohbet
Coin Çıkarma Siteleri
Milyon Coin Hangi Borsada
Kripto Para Üretme Siteleri
Azero Coin Hangi Borsada
Meta Coin Hangi Borsada
30288
BalasHapusShibanomi Coin Hangi Borsada
Parasız Görüntülü Sohbet
Coin Kazma
Ergo Coin Hangi Borsada
Binance Hesap Açma
Soundcloud Dinlenme Hilesi
Hamster Coin Hangi Borsada
Binance Referans Kodu
Sohbet
B8223
BalasHapustrezor suite
layerzero
arculus
dexscreener
uniswap
poocoin
raydium
ledger desktop
solflare
522E161AEB
BalasHapustelegram ücretli şov
شركة مكافحة النمل الابيض jxrGP9bNS6
BalasHapus