Kegunaan dan fungsi ITIL (IT
Infrastruktur Library)
ITIL
adalah suatu rangkaian dengan konsep infrastruktur, pengembangan, serta operasi
teknologi informasi. ITIL sebenarnya adalah suatu rangkaian rangkuman dari
beberapa buku yang membahas tentang pengelolaan (TI). ITIL memberikan beberapa
praktik TI penting seperti daftar cek, tugas, serta beberapa prosedur yang
disesuaikan dengan segala jenis organisasi(TI).
ITIL
sudah dikembangkan sejak 1980-an dengan ITIL 1.0.Kemudian dengan beriringnya
waktu peningkatan pelayanan yang
berkesinambungan dan adaptasi terhadap situasi saat ini dalam lingkungan (TI)
modern ITIL 1.0 di rilis besar dan dijadikan ITIL 2.0 yang paling dikenal
dengan set bukunya yang berhubungan dengan ITSM (IT service management) &
service support(dukungan layanan). Pada awal 2007 ITIL 3.0 didirikan. Ini
didirikan dengan sama sekali baru. Terdapat 3 bidang utama didalamnya : ITIL
Core Publikasi, ITIL Pelengkap Bimbingan, ITIL Web Support Services
Pada 30
Juni 2007, OGC (Office of Government Commerce) menerbitkan versi ketiga ITIL
(ITIL v3) yang intinya terdiri dari lima bagian dan lebih menekankan pada
pengelolaan siklus ITSM (IT service management). Lima bagian tersebut adalah :
1. Service Strategy
Ini
merupakan inti dari ITIL Service Life Cycle yang memberikan panduan kepada
pengimplementasian ITSM . Panduan ini disajikan dalam bentuk prinsip-prinsip
dasar konsep ITSM, acuan, serta proses-proses inti.
Proses di dalamnya yaitu:
- Service Portofolio Management
- Financial Management
- Demand Management
2. Service Design
Agar
layanan TI dapat memberikan manfaat pada bisnis, layanan TI harus terlebih
dahulu didesain dengan tujuan bisnis dari pelanggannya. Service Design
memberikan panduan kepada organisasi TI untuk bisa secara sistematis dan best
practice mendesain dan membangun layanan TI.
Proses di dalamnya yaitu:
- Service Catalog Management
- Service Level Management
- Supplier Management
- Capacity Management
- Availability Management
- IT Service Countinuity Management
- Information Security Management
3. Service Transition
Menyediakan
panduan kepada organisasi TI agar dapat mengembangkan kemampuan untuk mengubah
hasil desain layanan TI. Tahapan ini menggambarkan bagaimana sebuah kebutuhan
didefinisikan dalam Service Strategy, lalu dibentuk dalam Service Design dan
selanjutnya secara efektif direalisasikan dalam Service Operation
Proses di dalamnya yaitu:
- Transation Planning and Support
- Change Management
- Service Assset and Configuration Management
- Release and Deployment Management
- Service Validation
- Evaluation
- Knowledge Management
4. Service Operational
Ini
adalah tahapan life cycle yang mencakup semua kegiatan operasional
layanan-layanan TI. Di dalamnya terdapat beberapa panduan-panduan untuk
mengelola layanan TI secara efisien.
Proses di dalamnya:
- Event Management
- Incident Management
- Problem Management
- Request Fulfillment
- Access Management
Berikut kerangkanya
Manfaat ITIL ini merupakan pendekatan sistematis untuk
management layanan TI. ITIL dapat membantu perusahaan dalam cara berikut:
- Mengurangi biaya
- Pengunaan proses praktik terbaik yang sudhah terbukti meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Meningkatkan produktivitas
- Meningkatkan penggunaan keterampilan dan pengalaman
- Meningkatkan penyampaian layanan pihak ketiga melalui spesifikasi ITIL atau ISO 20000
Kegunaan dan fungsi COBIT
Cobit atau control objektif for information and related
technology adalah panduan standar dan sekumpulan dokumentasi best practice
untuk menjembatani antara resiko bisnis, kebutuhan pengendalian, dan
permasalahan-permasalahan teknis.
Perbedaan antara keduanya kalo cobit dia mengatur masalah
objektif yang harus dicapai suatu organisasi sedangkan ITIL lebih kepada best
practice tentang cara pengelolaan IT untuk mencapai objek organisasi. ITIL dan
Cobit saling berhubungan soal layanan TI dan apabila dikaji lebih jauh ITIL
bukan hanya sekedar delivery&support saja tapi kita petakan ke area cobit
lainnya.
Sumber :
#https://wawanzone.wordpress.com/2011/03/02/manajemen-layanan-teknologi-informasi/
#http://luciayunitasariretno.blogspot.co.id/2016/03/itilinformation-technology.html?m=1&_utm_source=1-2-2
#http://dokumen.tips/documents/manajemen-layanan-teknologi-informasi.html
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuselazığ
BalasHapusbilecik
kilis
sakarya
yozgat
BXDJ
goruntulu show
BalasHapusücretli
İK1Vİ
whatsapp görüntülü show
BalasHapusücretli.show
SGG0P
Kırşehir Lojistik
BalasHapusHakkari Lojistik
Kars Lojistik
Konya Lojistik
Kilis Lojistik
V6F7L
Kocaeli Lojistik
BalasHapusUşak Lojistik
Osmaniye Lojistik
Çorlu Lojistik
Kocaeli Lojistik
MEO5S
5DA6F
BalasHapusArtvin Lojistik
Çerkezköy Oto Lastik
Eskişehir Evden Eve Nakliyat
Kütahya Şehir İçi Nakliyat
Bitmex Güvenilir mi
Malatya Parça Eşya Taşıma
Adıyaman Şehir İçi Nakliyat
Keçiören Boya Ustası
Binance Güvenilir mi
A8BB8
BalasHapusbinance referans kodu
EC805
BalasHapusbinance indirim kodu %20
95FFE
BalasHapusavax
dappradar
dextools
ledger live
dexscreener
poocoin
poocoin
poocoin
sushi
61394
BalasHapusHacıbektaş
Çekerek
Tirebolu
Dulkadiroğlu
Kadıköy
Escobarvip İfşa
Eyyübiye
Harmancık
Köyceğiz
YTJYTJ
BalasHapusتسليك مجاري بالدمام
dfgdgbfhbfghgh
BalasHapusالمثالية للتنظيف
EDEDBC61EE
BalasHapustelegram kameralı şov
رقم مصلحة المجاري بالاحساء zdInQR2e9H
BalasHapus